Tahukah Anda? : 7 Fakta Tentang Petir

 

Gambar : Petir
Tahukah Anda??? Pada postingan tahukah anda kali ini membahas mengenai 7 Fakta Tentang Petir. Postingan Tahukah Anda?? akan membahas mengenai keunikan, mitos atau fakta dan hal - hal yang di anggap tabu ( kayak infortiment silet ). Berikut 7 Fakta Tentang Petir.
Fakta Pertama
Petir terjadi karena pemampatan dan pemuaian udara di sekitar sambaran kilat. Sambaran kilat sendiri lebih panas 5 kali dari panas permukaan matahari atau sekitar 15.000-20.000 derajat Celcius. Saking panasnya, udara tersebut kemudian memuai menjadi sangat banyak dalam waktu yang sangat singkat. Akhirnya terjadilah suara petir yang sangat keras karena tumbukan udara  yang memuai secara cepat tadi dengan udara sekitar.
Fakta Kedua
Suara petir tidak akan terjadi tanpa sambaran kilat terlebih dahulu. Begitu pula sebaliknya bila terlihat sambaran kilat pasti akan timbul petir. Kadang-kadang sambaran kilat tidak dikuti suara, hal itu terjadi karena jarak kita dengan sambaran petir tersebut cukup jauh.
Fakta Ketiga
Jika Anda perhatikan, maka kilatan cahaya selalu terjadi lebih dulu lalu beberapa detik kemudian baru disusul oleh petir. Sebenarnya mereka terjadi secara bersamaan di tempat tertentu, namun karena kecepatan cahaya jauh lebih cepat dari kecepatan suara, maka kilatlah yang lebih dulu kita saksikan baru disusul petir. Semakin lama selang antara kilat dan petir, maka semakin jauh jarak keduanya dari kita.
Fakta Keempat
Sambaran kilat berlangsung sangatlah cepat, kira-kira hanya selama 0,2 detik. Sambaran ini diikuti oleh banyak sambaran lain dalam jalur yang sama. Sambaran yang terjadi dapat menyalakan 100 juta bola lampu dalam sesaat. Namun hanya sambaran utama yang mengenai target. 
Fakta Kelima
Diperkirakan 1800 kali petir terjadi dalam selang waktu yang sama di Bumi. Florida, Amerika Serikat  merupakan salah satu daerah yang paling banyak terjadi petir. Disana petir terjadi sebanyak 25 juta hingga 30 juta kali per tahun. 
Fakta Keenam
Seseorang yang terkena sambaran kilat sebenarnya masih memungkinkan untuk bertahan hidup. 5 dari 30 orang dilaporkan masih hidup setelah tersambar petir. Salah satunya adalah seorang Pria bernama Roy Sullivan, dia masih hidup walupun sudah tersambar petir 7 kali dalam hidupnya hingga umur 71 tahun. 
Fakta Ketujuh
Rumah atau bangunan merupakan salah satu tempat paling aman saat petir terjadi. Tapi kendati begitu, ketika berada di dalam rumah jauhi benda-benda yang mengandung listrik (kabel telepon, televisi, alat elektronik dll) dan pipa air. Dan yang terpenting jangan dekat dengan pintu dan jendela. 
Itulah tadi 7 Fakta Tentang Petir, jangan suka main hujan ya.. kesambet petir ntar lhoo,, semoga bermanfaat, yaahh itung itung nambah pengetahuan. wasalam. 

No comments:
Write komentar