Soal UKG Guru SD 2015

 

Gambar : UKG
Assalamualaikum sahabat, apa sih tujuan dari UKG? sebelum saya lanjut ke menu download, saya akan sedikit menjelaskan tentang tujuan dari UKG? dan pemahaman ini saya dapat berdasarkan searching mbah google. ok berikut sedikit penjelasan mengenai tujuan UKG.

Menurut Sumarna Surapranata selaku Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, “Uji kompetensi guru (UKG) pada tahun 2015 kemarin dilakukan untuk melakukan pemetaan dalam rangka memperoleh baseline tentang kompetensi guru”.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan dinas pendidikan dan sekolah akan melakukan uji kompetensi guru kepada 3.015.315 orang guru PNS dan honorer.

Kemendikbud hanya memiliki potret UKG untuk 1,6 juta guru, yaitu guru yang sudah memiliki sertifikat dan yang akan disertifikasi. Potret tersebut diperoleh setelah guru-guru melalui uji kompetensi awal (UKA) dan uji kompetensi guru (UKG).

Standar nilai UKG 2015 minimal 5,5 dan mesti ditingkatnya setiap tahunnya hingga mencapai nilai 8,0 pada tahun 2018/2019 nanti. Sementara itu untuk soal UKG akan dibedakan menjadi dua kelas untuk guru-guru SD, yaitu soal untuk guru kelas bawah (1-3) dan soal untuk guru kelas tinggi (4-6). Sedangkan untuk guru Mapel di SMP, SMA, dan SMK soalnya disesuai dengan mapel yang diampunya.

Tujuan UKG
Tujuan UKG 2015 adalah untuk memetakan kualitas guru, yang nantinya dijadikan bahan pertimbangan guna pengambilan kebijakan yang berkaitan dengan kenaikan pangkat, promosi jabatan dan lain sebagainya. Selain itu, kompetensi guru yang diperoleh akan digunakan sebagai bahan untuk melakukan peningkatan kompetensi secara berkelanjutan (diklat).

Itulah sedikit penjelasan mengenai tujuan dari UKG. Sahabat bisa download Soal UKG Guru SD 2015 dengan mengklik tombol dibawah. Semoga bermanfaat untuk guru - guru yang akan melaksanakan UKG pada tahun ini.

Klik untuk Download
https://drive.google.com/open?id=0BzD24ZjpBKqiQWc0TzF0NXdRSnM

No comments:
Write komentar