Tahukah Anda? : Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Tubuh

 

http://www.terklik.com/
TAHUKAH ANDA
Terklik.Com : Menangis adalah luapan emosi yang dirasakan manusia, baik itu senang, marah, sedih hingga kecewa. Sehinggan dapat mempengaruhi kondisi tubuh. Nahhh... dibalik semua itu, menangis juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. "Haa!!! Masak iya? bukannya nangis cuman ngeluarin air mata karna kondisi terntu doank? habis kelar dah sudah!!". Berikut Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Tubuh :

  • MEMBUANG RACUN DALAM TUBUH
Menangis bukan hanya sekedar mewek untuk melampiaskan kekecewaan dan yang lainnya, tetapi dengan menangis juga dapat membuang racun yang ada didalam tubuh. "Masak iya??", loo kok percaya, berikut hasil sebuah study dari Dr. William H. Frey II, a biochemist dan direktur Psychiatry Research Laboratories di St, beliau - beliau ini mengatakan bahwasanya dengan mengangis dapat melepaskan zat beracun yang ada didalam tubuh kita. Sama seperti proses eksokrin lainnya, seperti membuang napas, buang air kecil, dan berkeringat. Air mata yang dikeluarkan karena hal emosional juga cenderung berbeda. Ia mengandung protein prolaktin, hormon adrenokortikotropik dan endorfin leusin-enkephalin, yang mengurangi rasa sakit dalam tubuh.

Nah, sudah tau kan? jadi kalau ada yang keracunan suruh aja nangis sejadi - jadinya, biar kelar dah tu racunnya (hahaha kidding). Dan untuk mafaat lainnya adalah :

  • MEMBUNUH BAKTERI
Manfaat menangis lainnya yaitu dapat membunuh bakteri yang ada didalam tubuh, "wiidiihhh keerrreeenn, gk perlu minum obat lagi donk buat ngebunuh bakteri, cukup dengan mewek langsung tewas tu bakteri". Usut punya usut ternyata air mata mengandung cairan losozyme—yang juga ditemukan dalam ASI dan air liur. Nah, cairan losozyme ini dapat membunuh 90-95 persen bakteri hanya dalam waktu 10 menit. Mengagumkan, bukan? Selain itu, sebuah studi juga mengatakan kalau air mata merupakan sebuah antimikroba yang kuat.

TAHUKAH ANDA? : MENGAPA SAAT BERSIN MATA TERTUTUP

  • MENINGKATKAN KUALITAS PENGLIHATAN
Menangis juga ternyata dapat meningkatkan penglihatan manusia, "Heelloooww, kalau buat ningkatin penglihatan bukannya harus makan wortel, alpukat, bluberi dan sayur bayem?". Ya.. sayur dan buah itu juga bisa buat menjaga mata agar sehat. 

Ketika seseorang menangis, maka dia akan mengeuarkan air mata ("yaiyalah, masak air hujan"), Jangan heran kalau penglihatan anda berubah menjadi lebih baik ketika menangis. Sebab air matalah yang memengaruhinya. Nah, air mata dibuat oleh kelenjar lakrimal yang dapat menjernihkan penglihatan dengan cara melumasi bola dan kelopak mata. Selain itu, menangis juga dapat mencegah dehidrasi di bagian selaput lendir. Nah, dehidrasi inilah yang membuat penglihatan kita sedikit menjadi buram. Menurut National Eye Institute, air mata dapat ‘memandikan’ mata dan menjaganya agar tetap lembab. "wiiihhh keren sangat eeuuyyy, bisa mandiin air mata, sekalian digosok pakai sikat".

  • MENINGKATKAN MOD
Selanjutnya dengan menangis juga dapat meningkatkan mod, Studi dari University of South Florida menemukan bahwa menangis dapat menenangkan diri dan meningkatkan suasana hati. Bahkan, lebih baik dari antidepresan apapun. "mak jang, hebat kali!!".

TAHUKAH ANDA? : MARAH DALAM ISLAM DAN DAMPAKNYA BAGI KESEHATAN

Menurut studi tersebut, menangis dapat meningkatkan suasana hati dari 90 persen orang di dalam penelitian, sedangkan 10 persennya merasa kalau perasaan mereka semakin memburuk. Selain itu, individu dengan gangguan kecemasan atau suasana hati juga mengalami efek positif ketika menangis.
  • MENGURANGI STRES
Manfaat menangis yang terakhir adalah untuk mengurangi stres, ("bukannya kalau keseringan nangis bakal dibilang stres?"). Menurut Sharon Martin, psychotherapist di San Jose, California, US, menangis merupakan cara yang aman dan efektif untuk mengatasi stres.
“ menangis merupakan pelepasan emosional yang terpendam dari perasaan negatif, stres, dan frustasi,” jelasnya. Jadi dengan demikian menangis dapat mengurangi stres.
Nah itulah beberapa Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Tubuh, jadi tidak perlu malu ketika hendak menangis, tapi yaaa gk nangis tiap hari, yang ada malah dikatain stres sama orang-orang.
Terimakasih atas kunjungannya, kritik dan saran sangat dibutuhkan untuk perkembangan blog yang sederhana ini.



1 comment:
Write komentar